Teknologi Terbaru | Teknologi Terbaru Era Industri 4.0 - Teknologi Terbaru 2 | Technology News 2 | News Technology 2

Breaking

About Me

Sabtu, 29 Juni 2019

Teknologi Terbaru | Teknologi Terbaru Era Industri 4.0

Robopark Indonesia dan Departemen Pendidikan berpartisipasi dalam era industri 4.0

Teknologi Terbaru - Pengembangan minat kewirausahaan pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dipandang strategis untuk menyiapkan generasi mendatang yang produktif dan berkarakter.

Di samping bekerja di industri atau melanjutkan studi di jenjang pendidikan tinggi, lulusan SMK juga didorong menjadi wirausaha kreatif.

"Salah satu opsi yang bagus ialah mendorong anak-anak untuk menjadi wirausaha. Terutama anak - anak yang memiliki imajinasi yang kuat, punya mimpi besar, usahakan disiapkan untuk menjadi wirausaha," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dalam sambutannya pada seminar Profesional Revolusi Industri ke 4.0 di Kemendikbud, Kamis (21/3) kantor.

Dia mendorong seluruh kepala sekolah bersaing - lomba dalam memajukan sekolahnya melalui inovasi pembelajaran. "Wirausaha itu modalnya berani ambil risiko. Kalau diberi amanah harus berani ambil risiko. Dilakukan sebaik-baiknya," katanya.

Ia mendorong agar sekolah segera merangkai teaching factory. Untuk kemudian bilamana telah berproduksi dengan standar industri, dapat segera merangkai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) agar lebih mudah menggarap pengembangan sekolah sekaligus menciptakan suasana pembelajaran bernuansa kewirausahaan.


"Saya minta untuk SMK - SMK yang sudah menghasilkan, sudah bagus, sudah percaya diri, segera menjadi BLUD. Sehingga pendapatannya tidak perlu dilaporkan lagi sebagai pendapatan negara bukan pajak atau PNBP, namun lumayan diputar, re-invest menjadi modal SMK itu. Syukur - syukur segera menghimpun dana abadi, menghimpun seluruh alumni. Kemudian adik-adiknya yang memiliki bakat wirausaha dapat diberi modal yang cukup untuk menggandakan usahanya sekaligus membuka lapangan pekerjaan untuk juniornya," tuturnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah), Muhammad Hamid juga menginformasikan seminar, Departemen Pendidikan juga memiliki pameran kinerja kerja siswa dalam menghadapi industri 4.0.

Pameran diikuti oleh 87 SMK dengan 9 program di antaranya Augmented Reality / Virtual Reality (AR/VR), 3D Printing, Tourism Promotion, Game Development, Smart School, Internet of Things, E-Commerce, dan Kewirausahaan.


Kegiatan seminar dan pameran unjuk karya siswa SMK ini bertujuan mendorong dan menginspirasi SMK supaya dapat menyiapkan lulusan yang siap menghadapi tantangan di dunia kerja, khususnya menyongsong era industri 4.0.

"Materi Pengembangan muatan Revolusi Industri 4.0 menjadi muatan wajibuntuk SMK-SMK penerima bantuan," kata Dirjen Hamid.


"Disini pun Robopark Indonesia ikut beperan dalam dunia Industri 4.0, dan pun Robopark Indonesia pun pastinya menolong memajukan bangsa dan Negara Indonesia ini".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar