Teknologi terbaru 2 | Kesiapan Jaringan Telko Operator Seluler Jelang Ramadan - Teknologi Terbaru 2 | Technology News 2 | News Technology 2

Breaking

About Me

Senin, 08 April 2019

Teknologi terbaru 2 | Kesiapan Jaringan Telko Operator Seluler Jelang Ramadan

Kesiapan Jaringan Telko Operator Seluler Jelang Ramadan


Ilustrasi BTS. (XL Axiata)

Jakarta, Indonesia -- PT XL Axiata Tbk berencana akan menambah 10 ribu BTS dan 50 mobile BTS untuk melancarkan jaringan data seluler menjelang Ramadhan 2019 untuk para pemakai.

"Kita perlu sekitar 50 mobile BTS dan diperbanyak dengan selama 10 ribuan BTS baru yang diproyeksikan guna lebaran," kata Head Customer Experience Management XL Ahmad Hamzah, Kamis (4/4).

Pada jaringan inti, penambahan kapasitas secara lengkap telah dilaksanakan yaitu khususnya pada radio akses (RAN) selama 1.700 BTS, kemudian sekitar 250 jalur transportasi serta Sistem Utama Core (GGSN) paket data.


Di samping itu, dilaksanakan penambahan upstream menjadi 1,5 kali melewati dua exchange yaitu Singapura dan Australia. Berdasarkan keterangan dari Hamzah, kunjungan layanan data bakal kembali mendominasi eskalasi trafik sepanjang Ramadhan dan cuti Lebaran. 

Lihat Juga : 10 Terobosan Teknologi Canggih di 2018 yang Kamu Harus Tahu!

Pada periode Ramadan dan Lebaran 2018 lalu, total kunjungan data menjangkau tidak tidak cukup dari 7.000TB, sementara tersebut trafik di hari biasa sekitar ini sudah menjangkau sekitar 9.300TB.

"Trafik data Ramadan dan Lebaran tahun 2019 ini ditebak akan bertambah sekitar 30 persen," ujar Hamzah.

Hal itu didasari oleh pemantauan yang dilaksanakan XL terhadap pola eksodus pelanggan dan analisa eskalasi trafik jaringan. Berdasarkan keterangan dari Hamzah, terdapat tiga kegiatan besar yang terjadi menjelang Hari Raya Idul Fitri yakni ketika mudik, ketika lebaran tersebut sendiri dan arus balik ke Jakarta.

"Yang kesatu pada ketika mudik, konsentrasi yang terbaru sebab kita telah punya tol Trans Jawa lantas tol Sumatera pun udah mulai dioperasikan, pasti tersebut akan menjadi media utama semua pemudik ke dusun halaman plus jalur-jalur yang non tol dan kereta api," terangnya.

"Kemudian pola pemakaian service sekitar mudik ini bakal lebih tidak sedikit ke peta digital, khususnya ada kenaikan sebab mencari jalur yang mana yang tidak macet plus streaming dan telah mulai main game seraya di mobil," tambah Hamzah.

Aktivitas yang kedua ialah saat lebaran. Pada saat tersebut menurut keterangan dari Hamzah pemakai bakal mulai mengantarkan pesan perkataan lebaran pada malam takbiran.

Lihat Juga : Kumpulan Penemuan Sains & Teknologi Sepanjang Tahun 2018

Peningkatan Konsumsi Data

Kemudian XL menebak layanan streaming video dan musik bakal mengalami eskalasi trafik tertinggi. Hal ini menurut data terakhir XL mengenai penyaluran pemakaian layanan data oleh pelanggan yakni sekitar 68 persen.

"Pada layanan streaming ini, akses ke layanan video via Youtube, Facebook, dan Instagram paling mendominasi, yaitu menjangkau 64 persen," jelas Hamzah.

"Streaming beda yang cukup tidak sedikit diakses ialah games selama 2,5 persen. Selanjutnya, instant messaging 17 persen dan media sosial 15 persen," sambungnya.

Berdasarkan keterangan dari Hamzah, layanan VoIP akan tidak sedikit dipakai guna menggantikan layanan voice atau telepon, dan instant messaging menjadi pengganti SMS guna berkirim pesan atau ucapan.

Kedua layanan itu akan tidak sedikit dipakai untuk mengantarkan ucapan Ramadan dan Lebaran. Di samping itu, di masa mudik dan liburan panjang Lebaran, akses ke layanan peta atau rute digital jalan laksana Waze dan Google Map pun mengalami peningkatan.

Lihat Juga : Pindad Suplai Teknologi Listrik buat Pikap dan MPV Esemka

Selain tersebut trafik mengirim pesan bakal naik pada platform sosial media serta instant messaging laksana Line hingga H+1 lebaran. Lalu pada H+2 lebaran, tempat-tempat wisata bakal ramai dikunjungi terutama untuk pemakai yang mengerjakan mudik ke dusun halamannya.

"Terakhir arus balik ke Jakarta, diduga ada dua puncak arus balik yakni 8-9 Juni dan 14-16 Juni. Kita lihat pergerakan dari Jabodetabek bakal kembali normal sesudah 2-3 minggu sesudah lebaran," pungkas Hamzah. (din/age)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar