Teknologi Terbaru 2 | Google Rayakan Ulang Tahun Gmail ke-15 - Teknologi Terbaru 2 | Technology News 2 | News Technology 2

Breaking

About Me

Senin, 08 April 2019

Teknologi Terbaru 2 | Google Rayakan Ulang Tahun Gmail ke-15

Google Rayakan Ulang Tahun Gmail ke-15



Jakarta, Indonesia -- Google merayakan hari jadi Gmail yang menginjak usia 15 tahun pada Senin (1/4). Dalam blog yang resmi, Google kembali memperingati kemunculan Gmail kesatu kali pada 1 April 2004 lalu.

CEO Google Sundar Pichai melewati akun Instagram pribadinya turut memperingati kemunculan mula Gmail 15 tahun silam. Dalam unggahannya, Pichai menuliskan kemunculan Gmail bukan lelucon April Mop.

"Gmail sekarang berusia 15 tahun, bukan lelucon. Terima kasih untuk 1,5 juta pemakai di semua dunia atas dukungannya," tulis Pichai dalam unggahannya.

Di hari jadi ke-15, Google kilas balik ketika kesatu kali merilis layanan surel (email).

Baca Juga : Mark Zuckerberg Diminta Klarifikasi Atas Kegagalan dalam Tragedi Christchurch

Manajer produk senior Gmail, Tom Holman memperingati di mula kemunculannya Google mesti 'berjuang' membasmi pesan spam yang mendominasi kotak masuk.

"Kami menciptakan Gmail untuk menanggulangi masalah ini [spam] dan sekarang berkembang menjadi produk yang diandalkan oleh 1,5 miliar pemakai untuk menuntaskan segala hal masing-masing harinya," tulis Holman dalam blog Google.

Ketika kesatu diluncurkan, Gmail menggondol fitur 'penelusuran' dan pengelompokan pesan. Denganc ara ini, pemakai dapat lebih mudah mengejar dan menjawab setiap pesan masuk.

Google mengungkapkan pada pertengahan 2000-an surel spam menjadi masalah serius yang sering dikeluhkan pemakai. Gmail lantas memblokir pesan spam sebelum 'menginvasi' kotak masuk.

Baca Juga : Wujudkan Kampus Cerdas, UBL Jalin Kerja Sama Dengan III Taiwan

Disamping itu, pemakai juga dapat melaporkan pesan yang diperkirakan sebagai spam saat menerimanya. Perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini mengklaim pihaknya sudah memblokir nyaris 10 juta pesan spam masing-masing menit.

"Selama bertahun-tahun kami sudah meningkatkan keterampilan penyaringan pesan spam dengan kecerdasan produksi dan hari ini, AI telah menolong kami memblokir nyaris 10 juta surel spam per menitnya," tulis Holman.

Bukan melulu itu, di mula kemunculannya Gmail pun menawarkan penyimpanan data 1 GB secara gratis. Bandingkan ketika ini pemakai menemukan penyimpanan cuma-cuma sebesar 30 GB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar