Teknologi terbaru 2 | Pertama Dunia Ponsel 5G diluncurkan di Korea Selatan - Teknologi Terbaru 2 | Technology News 2 | News Technology 2

Breaking

About Me

Kamis, 16 Mei 2019

Teknologi terbaru 2 | Pertama Dunia Ponsel 5G diluncurkan di Korea Selatan

Hasil gambar untuk Ponsel 5G Pertama di Dunia Meluncur di Korsel
Ilustrasi (GABRIEL BOUYS / AFP)

Jakarta,  Indonesia -- Ponsel 5G kesatu meluncur di Korea Selatan (Korsel), Samsung Galaxy S10 5G. Korea Selatan memang berambisi guna menjadi yang terdepan di industri 5G. Pekan kemudian (10/4), Korsel pun jadi negara kesatu yang melangsungkan jaringan telekomunikasi 5G. Kecepatan data 5G dapat digunakan untuk mendownload film tidak cukup dari sedetik. 

Langkah ini dibuntuti oleh Verizon di Amerika Serikat sejumlah jam setelahnya. Operator ini meluangkan layanan 5G di Chicago dan Minneapolis. Sebelumnya, operator telekomunikasi AS lainnya, AT&T telah meluangkan jejaring berbasis 5G di untuk sejumlah pemakai di 12 kota di AS, Desember lalu. 


Ponsel kepunyaan Samsung ini didukung oleh tiga operator Korsel, SK Telecom, KT, dan LG UPlus. Ponsel ini dipasarkan seharga 1,39 juta won (sekitar Rp17,3 juta; kurs 1 won=Rp12,42).

Untuk memamerkan kecepatan 5G ini, Samsung menyertakan demonstrasi robot, kecepatan streaming gim sport, sampai menayangkan streaming guna kuliah jarak jauh. 

"Saya tidak jarang menyaksikan tidak sedikit video, film, dan pengajaran," jelas salah seorang pembeli, Shim Ji-hye (38). "Saya harap kecepatan yang lebih tinggi dapat membantu menata waktu lebih baik."

Pengguna lain menuliskan mereka paling tertarik dengan keterampilan virtual reality. Dalam pameran tersebut kemampuan VR dipakai untuk gim dan berkencan secara virtual dengan selebritis, seperti dilafalkan oleh di antara operator telekomunikasi di negara itu.


Dengan 5G, peneliti Lee Sang-yoon menyebutkan menciptakan pengguna VR dapat menikmati konten "langsung dan tanpa penundaan [...] dan dapat menikmati resolusi dan lebih cepat."

Pada Jumat (5/4) sore, 15 ribu pelanggan LG Uplus telah merekam layanan 5G, 10 ribu pelanggan untuk mendaftar KT, tetapi operator dengan pengguna terbesar dari SK Telecom belum memberikan data.

LG pun akan mengenalkan ponsel 5G miliknya akhir bulan ini lewat V50 ThinQ. Sementara di AS, Lenovo akan mengenalkan Moto Z3 yang ditambahkan dengan aksesoris khusus. 

Peluncurkan layanan 5G komersil di Korsel ini bakal menjadi dasar pengembangan teknologi selanjutnya, laksana kendaraan otonom dan Internet of Things. 


Gesekan kompetisi untuk menjadi pemimpin teknologi 5G paling ketat. AS sempat memengaruhi sekutunya supaya tidak memakai teknologi 5G dari China yang ditawarkan oleh Huawei. Alasannya, teknologi ini dapat digunakan guna memata-matai pemakai. 

China sendiri ketika ini memang memegang paten 5G terbanyak dunia dengan 3.400 paten dimana sepertiganya (1.529 paten) ialah paten Huawei, menurut keterangan dari data IPlytics. Korsel terdapat di lokasi kedua dengan 2.051 paten dan AS dengan 1.368 paten. 

KT dan SK Telecom tidak memakai teknologi 5G Huawei. Namun, LG Uplus memakai perangkat Huawei, seperti dinyatakan oleh perusahaan tersebut kepada AFP. (AFP/eks)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar