Teknologi terbaru 2 | Pertama Dunia Ponsel 5G diluncurkan di Korea Selatan - Teknologi Terbaru 2 | Technology News 2 | News Technology 2

Breaking

About Me

Kamis, 16 Mei 2019

Teknologi terbaru 2 | Pertama Dunia Ponsel 5G diluncurkan di Korea Selatan

Mengenal Teknologi ToF yang Bikin Kamera Ponsel Makin Canggih
Ilustrasi. (Drew Angerer/Getty Images/AFP).

Jakarta,  Indonesia -- Para produsen kamera ketika ini mengenalkan teknologi ToF (Time-of-Flight) pada kameranya. Ini adalah tren kamera ponsel terbaru setelah kamera multi-kamera autofoto lubang pada layar, dan sandal.

Teknologi ToF diduga akan jadi tren berikutnya. Saat ini Oppo dan Huawei, Honor telah memakai teknologi ini. Apple pun diduga akan memakai teknologi serupa untuk ponsel mereka yang akan terbit di 2020.

Kamera ToF memakai sinar inframerah, laser berwarna merah yang tampak oleh mata manusia. Sinar ini dipakai untuk menilai kedalaman objek yang dipindai. 


Cara Kerja

Sensor inframerah bakal dilontarkan ke objek dan dipantulkan. Waktu yang diperlukan sinar guna kembali dipantulkan ke sensor akan menolong software menilai jarak, bentuk, dan mengukur volume objek di depannya. Begitu data jarak dikumpulkan, dengan algoritma yang tepat fitur maka objek dapat dikenali. Sinar inframerah yang dikeluarkan berukuran 850 nanometer sampai-sampai tidak tampak mata, laksana dikutip Digit.in.

Dibanding dengan pemindaian tiga dimensi lain, teknologi ToF ialah yang sangat murah. Sensor ini dapat menangkap sampai 160 frame per detik (fps), sehingga dapat digunakan untuk software yang memerlukan kecepatan real time. Selain tersebut sensor ini melulu membutuhkan tenaga pemrosesan yang kecil.


Fungsi sensor ToF

Teknologi ini dapat digunakan guna navigasi dalam ruangan, membantu saat menggunakan augmented reality (AR), menghindari objek, pengenalan gestur, pelacakan objek, dan sebagai altimeter reaktif. 

Untuk kamera, sensor ini juga dapat membantu saat pemakai memakai mode bokeh yang dapat mengaburkan latar belakang. Tapi tingkat akurasinya tergantung dari aplikasi yang dipakai untuk menyimak data dari sensor. 

Sensor ini dapat juga dipakai untuk menolong pengenalan objek dan menilai konsentrasi di situasi kurang cahaya. Sebab, ketika ini sensor kamera guna menilai posisi konsentrasi kamera pada objek paling tergantung dari situasi cahaya. 


Teknologi lawas

Teknologi ini sebetulnya bukan urusan baru. Banyak perusahaan yang menggunakan sensor ini selama sepuluh tahun terakhir. Microsoft memakai teknologi ini pada sensor LIDAR di Kinect generasi kedua. Huawei pun telah memakai sensor ini pada Honor View 20. Oppo RX 17 Pro pun menggunakan teknologi ini. 

LIDAR populer di teknologi mobil otonom seringkali juga memakai sensor ToF. Teknologi ini pun diadaptasi pada drone. 

Pembuat sensor

Sony adalahsalah satu perusahaan yang menciptakan sensor toga dimensi dengan teknologi ToF. Pembuat sensor ToF lainnya ialah AMS/Heptagon, ASC TigerCub, TeraRanger One, Riegl, Lucid/Helios, dan AdaFruit, laksana dikutip Pocket Lint. (eks/age)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar