Teknologi Terbaru | Teknologi Terbaru 2019 - Teknologi Terbaru 2 | Technology News 2 | News Technology 2

Breaking

About Me

Jumat, 12 Juli 2019

Teknologi Terbaru | Teknologi Terbaru 2019

Wifi Kantor Memang Bikin Nyaman, tapi Ternyata 'Menyakitkan'

Wifi Kantor Memang Bikin Nyaman, tapi Ternyata ‘Menyakitkan’

Teknologi Terbaru - Jaringan Wifi sudah menjadi kebutuhan di setiap kantor. Bahkan mungkin hampir semua kantor saat ini sudah memiliki jaringan Wifi. Kepraktisan Wifi daripada kabel LAN juga kerap menjadi alasan karena lebih cepat terkoneksi ke perangkat lainnya, semisal smartphone atau tablet. Namun, apakah Anda tahu lupa balik, kantor Wifi adalah untuk menyimpan potensi 'menyakitkan'.

Berdasarkan penelitian terbaru dari penyedia layanan keamanan Siber, Kaspersky, Wifi kantor dinilai berpotensi menjadi tempat yang paling berbahaya bagi penggunanya. Tidak ada kelemahan dalam infrastruktur di perangkat WiFi.

Pihak Kaspersky menyebut bahwa tidak semua perusahaan menggunakan kata sandi yang kompleks dan unik untuk jaringan nirkabel mereka, juga sedikit yang memberikan upaya lebih untuk menonaktifkan penyiaran nama jaringan. Bahkan ketika sedang membatasi kekuatan sinyal nirkabel untuk mencegah koneksi jaringan di luar kantor.

Langkah kecil tersebut sebenarnya menjadi pencegahan sederhana dari serangan potensial yang berkeliaran di dekat kantor dan mencoba masuk ke jaringan perusahaan melalui koneksi Wifi. Selain itu melakukan serangan sederhana pada router akses hanya membutuhkan waktu beberapa detik.Sementara meretas kombinasi kata sandi yang rumit membutuhkan lebih banyak waktu, kecuali jika penyerang sedang terburu-buru, maka upaya lebih dapat ia lakukan.


Namun, hal itu tidak selalu diperlukan. Pasalnya, hanya dengan beberapa router, seorang pelaku kejahatan siber dapat dengan mudah menggunakan kerentanan dalam firmware Wifi. Para peneliti Kaspersky secara teratur mendeteksi kerentanan yang dapat memungkinkan pelaku serangan masuk ke jaringan, melewati kata sandi router Wifi Anda, dan mekanisme perlindungan lainnya.

Dalam beberapa kasus, penjahat cyber dapat memperoleh akses root pada perangkat. Biasanya pengembang juga berupaya lebih cepat untuk memperbaiki kerentanan tersebut. Masalahnya adalah bahwa banyak perusahaan patch pada waktu yang tepat, terutama ketika datang untuk merekam ulang firmware sebelum melakukannya tidak diinstal.

Banyak perusahaan menggunakan jaringan Wifi yang berbeda untuk karyawan dan tamu. Ini adalah pencegahan yang masuk akal. Di satu sisi, para pelanggan dan pengunjung lainnya dapat terhubung ke internet kantor, di sisi lain, mereka tidak akan memiliki akses ke jaringan perusahaan dan sumber daya internal. Namun, jaringan Wifi tamu ini nyatanya berpotensi merugikan.

Pasalnya dengan menciptakan kata sandi untuk jaringan tamu adalah hal yang mudah, kira-kira begitulah idenya. Tetapi dalam beberapa kasus, jika jaringan tidak terkonfigurasi dengan benar, hal ini membuat para tamu dapat menuju beberapa elemen infrastruktur perusahaan. Bahkan dengan konfigurasi jaringan yang tepat, tanpa disadari karyawan justru dapat membahayakan diri mereka sendiri.


Misalkan salah satu dari mereka ingin mengakses sumber daya jaringan yang diblokir oleh kebijakan perusahaan. Tanpa berpikir dua kali, laptop dengan jaringan WiFi data rahasia menghubungkan tamu. Sekarang seorang pelaku kejahatan siber yang bersembunyi di jaringan yang sama dapat mencoba melakukan serangan man-in-the-middle dan menginfeksi laptop si karyawan dengan malware.

Menurut Kaspersky, apa yang harus dilakukan bagi perusahaan untuk menghindari kerentanan ini berorientasi keamanan, baik untuk konfigurasi perangkat atau pendekatan jaringan perusahaan. Update firmware dari router dan jalur akses nirkabel, dan selalu melakukan update ke terbaru.

Di samping itu, para produsen juga harus terus-menerus memperbaiki kerentanan. Jangan pernah beranggapan bahwa sesuatu yang berfungsi adalah aman. Menerapkan kata sandi yang unik, panjang, dan rumit untuk mengakses Wifi juga perlu. Karyawan hanya perlu memasukkannya satu kali di setiap perangkat, dan kata sandi yang kuat membuat peretasan jaringan menjadi lebih rumit pula.

Batasi kekuatan sinyal sehingga jaringan Anda tidak dapat digunakan dari luar kantor. Sembunyikan nama jaringan untuk membuatnya lebih sulit ditemukan. Pilihlah nama jaringan yang tidak biasa dan sulit ditebak lalu jauhkan nomor model router dari posisi yang mudah terlihat, sehingga pelaku kejahatan siber tidak dapat menggunakannya untuk mencari kerentanan yang diketahui.

Baca juga : Public Relations Wajib Bisa Memprediksi Krisis yang Terjadi

Langkah lainnya adalah dengan memisahkan jaringan Wifi tamu, sehingga mereka tidak memiliki akses ke sumber daya internal. Mungkin Anda harus menghilangkan kenyamanan bagi para pengunjung (seperti mencetak dokumen pada printer), tetapi secara signifikan Anda telah mengurangi risiko kebocoran data.

Terakhir, selalu menggunakan solusi keamanan yang andal. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi meskipun para pelaku kejahatan siber telah merusak jaringan Anda. Mereka tidak akan dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada workstation dan server yang menyimpan data penting dari kerusakan perusahaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar