Teknologi Terbaru | Teknologi Terbaru Toyota Joystick - Teknologi Terbaru 2 | Technology News 2 | News Technology 2

Breaking

About Me

Sabtu, 22 Juni 2019

Teknologi Terbaru | Teknologi Terbaru Toyota Joystick

Toyota Concept-i Ride yang dikendarai dengan joystick. Foto: Rangga Rahadiansyah
Toyota Concept-i Ride yang dikendarai dengan joystick. Foto: Rangga Rahadiansyah

Bukan Setir, Mengendarai Mobil Ini Pakai Joystick

Teknologi Terbaru - Toyota di Tokyo Motor Show memamerkan seri konsep mobil masa mendatang yang cerdas. Salah satunya ialah Concept-i Ride ini.

Ini adalahmobil dua pintu yang pintar. Mobil ini didesain supaya pemakainya dapat bebas bergerak. Bahkan, pemakai kursi roda atau semua lanjut umur pun dapat dengan gampang mengendalikan mobil ini.

"Salah satu fiturnya ialah paket dan spesifikasi yang paling universal. Model ini lumayan compact. Mudah memarkir kendaraan. Pengguna kursi roda tidak perlu menggali tempat parkir yang diperuntukkan untuk pemakai kursi roda, dan masih dapat keluar-masuk dari mobil di temmpat parkir biasa," kata Project Manager Future Project Departement Toyota Motor Corporation, Shouta Ando, di Tokyo, Jepang.

Concept i-Ride memakai pintu gullwing. Sehingga, saat pintunya dibuka, ruang guna akses keluar-masuk mobil juga lebih luas, dan joknya dapat bergeser secara elektrik. Alhasil, pemakai kursi roda bakal dengan gampang masuk ke dalam mobil, dan pengoperasian jok mobil sudah dirancang sedemikian rupa sampai-sampai kursi roda dengan mudah ditabung di unsur belakang.


Concept-i Ride tak lagi memakai setir, pedal gas, pedal rem, lagipula pedal kopling. Sebagai gantinya, pengoperasian mobil ini memakai joystick.

"Efeknya, menghilangkan setir menolong meyakinkan pandangan tersingkap dan lebih luas ke depan kendaraan," kata Ando.

Di samping itu, AI Agent yang menjadi benak atau kecerdasan produksi dari mobil ini dan seri Toyota Concept-i lainnya diposisikan di layar berukuran besar di panel instrumen. Teknologi tersebut secara aktif memberikan pelbagai informasi.

Bukan Setir, Mengendarai Mobil Ini Pakai Joystick
Toyota Concept-i Ride yang dikendarai dengan joystick. Foto: Rangga Rahadiansyah

"Dengan faedah ini, pengemudi bakal mengembangkan hubungan dengan kendaraan ini laksana yang mereka kerjakan dengan Concept-i. Misalnya, Concept-i Ride secara aktif meluangkan informasi pemakai kursi roda yang menyokong kenyamanan. Di samping itu, ketika pengemudi mengubah kendaraan, Agen, yang memahami orang, bergerak mengarungi kendaraan dalam susunan dengan supir untuk menyokong mobilitas yang mulus. 

Misalnya, walau setelah bepergian dengan pesawat terbang atau kereta api, pemakai dapat mengemudikan kendaraan Toyota Concept-i Ride yang tersedia melewati layanan sharing dan Agen yang memahami situasi dan preferensi pengemudi bakal secara aktif mengemukakan restoran atau ke mana mesti pergi laksana biasa. Agen tidak jarang kali berinteraksi dengan sopir dan menolong mendeteksi bahaya dan menghindari tabrakan," jelas Ando.


Jok pengemudi diposisikan di tengah ketika dikendarai tanpa penumpang. Ketika di dalam mobil terdapat penumpang lain, bangku penumpang diposisikan diagonal di belakang sopir sehingga menciptakan kabin terasa lebih luas guna sopir maupun penumpang.

Fungsi pertolongan mengemudi laksana parkir otomatis dan parkir valet otomatis digiatkan sehingga memungkinkan siapa saja, tergolong pemakai kursi roda atau lansia dapat berkendara dengan aman.

Mobil ini mengangkat tenaga lisrtrik dan berkapasitas dua orang. Daya jelajahnya selama 100-150 kilometer. (rgr/dry)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar