Teknologi Terbaru 2 | Korea Selatan Luncurkan 5G guna Seluler Pekan Ini - Teknologi Terbaru 2 | Technology News 2 | News Technology 2

Breaking

About Me

Sabtu, 27 April 2019

Teknologi Terbaru 2 | Korea Selatan Luncurkan 5G guna Seluler Pekan Ini


Korea Selatan Luncurkan 5G untuk Seluler Pekan Ini
Ilustrasi. (AFP PHOTO / Pau Barrena)

Jakarta, Indonesia -- Korea Selatan akan meluncurkan jaringan seluler 5G kesatu di dunia pada Jumat (5/4) mendatang. Peluncuran itu dilaksanakan setelah negeri gingseng ini sukses memenangkan kompetisi untuk menjadi yang kesatu menyerahkan pengalaman komunikasi super cepat untuk pemakai.

Berdasarkan keterangan dari laporan AFP, 5G melulu satu unsur dari peperangan lebih luas yang sudah mengadu kambing Amerika Serikat melawan China serta raksasa teknologi lainnya tergolong Huawei.

Koneksi nirkabel Korea Selatan sendiri sudah lama mempunyai reputasi baik dari sisi teknis dan Seoul sudah menjadikan peluncuran 5G sebagai prioritas sebab berupaya memicu pertumbuhan ekonomi yang gagap.


Sistem ini dinamakan akan membawa konektivitas nyaris instan atau 20 kali lebih cepat dari 4G, memungkinkan pemakai untuk mendownload film lengkap dalam waktu tidak cukup dari satu detik.

Teknologi nirkabel generasi kelima ini bakal menandakan tingkat konektivitas baru dari sisi kecepatan. Dengan teknik sama laksana 3G yang memungkinkan akses web seluler yang luas dan 4G yang membuat software baru bekerja mulai dari media sosial sampai Uber.

Pentingnya pemakaian 5G ini juga dipaparkan turut dominan pada pengembangan perlengkapan di masa mendatang mulai dari ekspedisi data satu sama beda dalam masa-masa nyata, robot industri, drone, dan unsur lain dari Internet of Things. 

Perkembangan itu menjadi bagian urgen dari infrastruktur masa mendatang dan standar 5G diduga akan menghasilkan selama US$565 miliar. 

Berdasarkan Global System for Mobile Communications, suatu aliansi industri yang berbasis di London, Inggris mengungkap jumlah ini bakal memberikan guna ekonomi global pada 2034. Ketiga jaringan seluler Korea Selatan yaitu KT, SK Telecom dan LG UPlus diadukan akan langsung tampil dengan layanan 5G saat diluncurkan.

"Kecepatan hyper 5G bisa menghubungkan satu juta perlengkapan dalam zona satu kilometer persegi secara bersamaan," kata KT dalam suatu laporan.



Pada hari yang sama, Samsung Electronics bakal merilis Galaxy S10 5G, smartphone kesatu yang terdapat di dunia dan memakai teknologi tersebut, dengan pesaing LG menyusul V50s dua minggu kemudian.

Wakil presiden jaringan seluler Korsel KT Lee Pil-jae menebak bahwa lebih dari tiga juta orang Korea Selatan akan berpindah ke 5G pada akhir tahun ini.

Hingga ketika ini, belum terdapat jaringan seluler yang menawarkan akses 5G dalam lingkup nasional. Di AS, hotspot di sejumlah kota tertentu sudah menawarkan kecepatan 5G namun itu melulu sekadar lebih dari wifi saja. 

Sementara perusahaan Qatar Ooredoo menuliskan ia menawarkan layanan 5G di dekat Doha, namun tidak mempunyai perangkat yang terdapat untuk menggunakannya. Pembawa jaringan AS Verizon akan mengenalkan layanan generasi kelima guna pemakai ponsel di Chicago dan Minneapolis minggu depan, dengan lebih dari 30 kota bakal menyusul tahun ini.

Jepang juga diduga akan mengenalkan penyebaran terbatas pada 2019 sebelum layanan penuh dibuka tepat waktu guna Olimpiade Tokyo tahun depan.

Hanya saja, di balik peluncuran jaringan 5G kesatu di dunia ini, masalah ongkos disebut masih bakal menjadi penghalang. Versi termurah dari perlengkapan Galaxy baru bakal menjadi senilai 1,39 juta won atau Rp17,3 juta.

"Walaupun ada tidak sedikit ponsel pintar 4G murah di bawah US$300 (Rp4,2 juta), ponsel Samsung 5G jauh di atas US$1.000 (Rp14,1 juta), yang dapat menjadi titik minus utama untuk konsumen yang irit biaya," kata seorang perwakilan KT untuk AFP. (agn/age)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar